Senin, 18 Januari 2010

Menulis dan bergosip

Aku mendapatkan pengalaman baru ketika menulis di blog. Tapi ternyata pengalaman lebih seru aku dapatkan waktu nulis di sebuah forum. Akhir-akhir ini seneng banget posting sesuatu yang bisa diperdebatkan di Kompasiana dan Ngerumpi. Pengalaman mendapatkan lonjakan komen lah yang jadi hal menarik ketika aku posting di masing-masing media.



Kompasiana dan Ngerumpi masing-masing di sediakan bagi mereka yang hobi nulis. Bedanya dengan blog, kedua media ini sudah ada pembacanya sendiri sehingga kita tidak perlu ribet mempromosikan blog kita untuk membaca tulisan kita. Ketika kita posting sesuatu, tulisan kita langsung masuk homepage dan sudah ada pembacanya sendiri, sehingga kalo tulisan kita menarik, bisa mendapatkan tanggapan yang luar biasa. Keduanya harus menjadi member terlebih dahulu sebelum bisa posting, tapi untuk jadi pembacanya tidak perlu keanggotaan.

Di ngerumpi.com aku sudah 4 kali posting, dan masing-masing di komen sampe 40 lebih. Ini angka yang cukup fantastis, karena ketika nulis di blog, jarang mendapatkan komen.

Komen yang didapat beragam dari masing-masing posting yang aku terima. Tapi ada kesamaan antara tiap komen yang ada di kompasiana dan Ngerumpi. Tanggapan di kompasiana lebih berat dan cenderung agak susah dicerna, mungkin karena audiencenya adalah para penulis yang suka menulis hal-hal yang berat. Dan keanggotaannya didominasi orang-orang yang sudah matang baik dari segi umur dan pemikiran. Sedangkan di ngerumpi.com, dari namanya saja sudah pasti orang yang bergabung disini adalah para ngerumpiers yang hobi banget ngerumpi. Komen-komen yang diberikan juga komen-komen yang mengundang untuk bergosip.

Contoh adalah ketika aku menulis tentang perjalananku dan impianku, di ngerumpi postingan ini dikomen beragam dan bisa sekalian dapat info tempat-tempat baru lho dalam rumpinya. Ibaratnya menulis disini itu sama aja kalo kita lagi mau gosip kita kasi pancingan. Aku menulis hal serupa di blog ku dan di kompasiana. Di blog yang sangat sepi pengunjung ini, otomatis sedikit juga yang baca ya heheh. Anyway di Kompasiana aku mendapatkan beberapa komentar yang positif, mereka melihat dari sisi nasionalisnya tulisanku.


So kalo mau posting sesuatu yang bersifat sharing dan membutuhkan komen timbal balik, sangatlah tepat untuk memilih menulis di salahsatu media ini.

Tidak ada komentar: